Optimis Himpun Donasi Dalam Situasi Pandemi

Optimis Himpun Donasi Dalam Situasi Pandemi
Optimis Himpun Donasi Dalam Situasi Pandemi

Padang-   Dampak pandemi Covid-19 sebelum Ramadan 1441 H hingga saat ini masih kita rasakan bersama, khususnya bagi masyarakat di Sumatera Barat. Penyebaran Covid-19 berdampak terhadap sektor kesehatan dan sektor perekonomian, semisal karyawan yang di PHK, layanan kantor-kantor di tutup serta pendapatan masyarakat menurun drastis serta sektor lainnya.

Melihat kondisi yang tengah terjadi Dompet Dhuafa Singgalang sebagai lembaga sosial kemanusiaan tentu tidak tinggal diam diri terhadap dampak dari pandemi ini. Alhamdulillah semenjak merebaknya Covid-19 khususnya di wilayah Sumbar ini Dompet Dhuafa Singgalang terus berupaya menggalang donasi dan menyalurkan untuk masyarakat terdampak Covid-19.

Donasi yang terkumpul disalurkan melalui program “Cegah Tangkal Corona” seperti penyemprotan disinfektan keberbagai layanan umum, penyaluran APD untuk tenaga medis, hingga penyaluran paket sembako terhadap masyarakat terdampak  Covid-19 di Sumbar. Hingga memasuki Ramadhan 1441 H Dompet Dhuafa Singgalang kian terus berupaya menggalang donasi untuk disalurkan kepada masyarakat terdampak Covid-19.

Hadie Bandarian Syah Pimpinan Cabang DD Singgalang mengatakan di masa pandemi tentunya harus memperbanyak bersedekah, semakin banyak yang bersedekah maka semakin banyak yang terbantu untuk masyarakat yang terkena dampak Covid-19. “Tidak sedikit juga donatur kita yang terkena Covid-19, tetapi Alhamdulillah donatur kita mempunyai jiwa-jiwa filantropi sehingga terus membantu masyarakat yang terdampak covid-19 di Sumbar,” tutur Hadie.

“Capaian penghimpunan kita tahun ini dibanding tahun kemarin memang tidak growht (tumbuh), karena tahun ini kita tidak membuka layanan counter booth, kalau tahun kemarin ada dibuka layanan counter booth. Kendatipun tidak membuka layanan counter, Alhamdulillah kita bisa tumbuh dicapaian angka 900 juta,” papar Hadie.

Untuk program Ramadan tahun ini ada beberapa program paket donasi yang di campaign, berbeda dengan program donasi Ramadan tahun kemarin. “Ramadan 1441 H ada program paket buka puasa, santunan yatim dhuafa dan paket sembako dhuafa,” kata Hadie.

“Semoga pandemi ini segera berakhir, agar kedepannya kita bisa beraktivitas seperti biasanya. Dimana banyak kegiatan-kegiatan kita di offline seperti kegiatan grebek kampung, tetapi tahun ini tidak ada, kemudian syiar-syiar dakwah maupun penyaluran-penyaluran lainnya,” tutur Hadie.

“Kita berterimakasih juga kepada teman-teman volunteer, komunitas, corporate, mitra-mitra kita, para donatur, rekan-rekan media yang sudah membantu kelancaran program Ramadan, sehingga Ramadan tahun ini Alhamdulillah terasa lancar, dan penghimpunan tertinggi di tahun ini di dominasi dari infak tematik seperti paket sembako,” pungkas Hadie.

Novil Oksan Putra selaku Ketua Ramadan 1441 H DD Singgalang mengatakan dalam penyaluran donasi tahun ini sangat terbantu oleh adanya rekan-rekan relawan yang tersebar di masing-masing Kab/ Kota di Sumbar. “Alhamdulillah tahun ini penyaluran donasi semakin merata tersalurkan dengan adanya support dari rekan-rekan volunteer,” kata Novil.

“Target kedepannya, penghimpunan di tahun yang akan datang akan lebih besar dari penghimpunan tahun ini, tahun ini karena adanya pandemi jadi kita memiliki target-target baru. untuk kedepannya strategi-strategi baru yang kita rancang tahun ini bisa kita kembangkan di tahun berikutnya,” pungkas Novil. (Nas).

TINGGALKAN KOMENTAR

Be informed!

berlangganan info DD