Dibantu DD Singgalang, Kini Korban Kebakaran di Solok Sudah Miliki Rumah Baru

Dibantu DD Singgalang, Kini Korban Kebakaran di Solok Sudah Miliki Rumah Baru
Dibantu DD Singgalang, Kini Korban Kebakaran di Solok Sudah Miliki Rumah Baru

Kab.Solok- Perasaan bahagia dan terharu tampak di wajah pasangan suami isti Desi Yulianti yang bersama Irwandi berserta anak-anaknya Jumat siang kemarin (14/08/2020) di rumah baru yang ia tempati di Balai Pinang, Desa Muaro Paneh, Kec. Bukit Sundi, Kab. Solok.

Sebelumnya pasca kebakaran yang menghanguskan rumahnya pada Selasa (09/06/2020), sementara waktu dia tinggal di rumah salah satu kerabat suaminya, yang lokasinya tidak jauh dari lokasi rumahnya yang terbakar.

Dompet Dhuafa Singgalang terus berupaya bersama pihak terkait berupaya melakukan penggalangan dana guna membangun rumah layak huni untuk Desi bersama keluarga kecilnya. Alhamdulillah kini hasil dari campaign beberapa bulan lalu membuahkan hasil.

Rumah semi permanen berukuran 6×8 meter, yang merupakan target dari penggalangan dana sudah berdiri kokoh dan bisa ditempati oleh Desi. Proses serah terima simbolis dilansungkan pada Jumat (14/06/2020) waktu setempat.

Berbarengan dengan itu pemotongan pita dan kegiatan tasyakuranpun dihadiri oleh Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Singgalang, Camat Bukit Sundi Camat Bukik Sundi Efiyardi, Wali Nagari Ferry Effendy, koordinator DDS Solok, Abdurrahman, relawan Dompet Duafa, ketua pemuda Kampuang Dilam, Irman dan masyarakat sekitar.

Disela proses penyerahan rumah, Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Singgalang Hadie Bandarian Syah mengatakan Dompet Duafa Singgalang merupakan lembaga penyalur zakat, infaq, wakaf dan sodaqoh serta dana kemanusiaan lainnya yang menyasar masyarakat-masyarakat yang membutuhkan bantuan.

“Salah satunya, keluarga Bapak Irwandi dan Ibu Desi yang sebelumnya ditimpa musibah kebakaran dan harus kehilangan rumah satu-satunya,” terang Hadie.

Dompet Duafa Singgalang memang menggalang donasi dan berhasil mengumpulkan dana puluhan juta yang disalurkan secara penuh untuk membantu pembangunan kembali rumah ibu Desi.

Dompet Duafa juga sangat mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh masyarakat sekitar dan perantau, tidak saja membantu menggalang donasi, tetapi ada masyarakat yang dengan sukarela meminjam pakaikan tanahnya untuk lahan bangunan rumah.

“Alhamdulillah, dukungan masyarakat sangat luar biasa, banyak juga mustahiq yang membutuhkan bantuan di daerah lain, dan kita terhalang dengan minim dukungan masyarakat,” jelasnya.

Menurutnya, Dompet Duafa Singgalang memiliki berbagai program dalam membantu masyarakat, mulai dari program ekonomi, Kesehatan, Pendidikan dan Dakwah.

“Semoga dengan dukungan donatur dan masyarakat, Dompet Duafa Singgalang bisa semakin meluaskan manfaatnya di berbagai daerah dan semakin banyak yang terbantu,” imbuh Hadie.

Kemudian Efiyardi selaku Camat Bukik Sundi, ikut merasa bangga dengan kekompakan masyarakat dan kepedulian Dompet Duafa Singgalang yang bersusah payah untuk kembali membangunkan kembali rumah bagi keluarga Ibu Desi.

“Teristimewa untuk keluarga pak Karnedi dan Rosi Handayani serta mak Wan Nanih yang dengan murah hati menyediakan lahan untuk lokasi pembangunan rumah, bahkan juga diizinkan berladang di areal sekitar rumah,” papar Efiyardi.

Hal senada diutarakan Wali Nagari Muaro Paneh, Ferry Effendi, menurutnya, sebagai makhluk sosial, manusia pada dasarnya saling membutuhkan. Akan lemah apabila tidak saling bekerjasama dan berusaha bersama-sama.

“Apa yang kita lakukan untuk keluarga Ibu Desi merupakan bentuk kepedulian kita bersama, baik individu, kelompok dan organisasi, semuanya bahu membahu untuk membantu, termasuk pemuda dan perantau kita,” terangnya.

Kehadiran Dompet Duafa Singgalang yang digerakkan oleh anak-anak muda seakan membangkitkan kepekaan sosial masyarakat dan pemuda serta para perantau, bergotong royong untuk meringankan.

Desi Yulianti selaku pemilik rumah mewakili keluarga kecilnya, turut mengucapkan terimakasih atas bantuan rumah yang diberikan. “Untuk seluruh pihak, baik dari Dompet Dhuafa Singgalang dan seluruh masyarakat di Bukit Sundi, saya sangat berterimakasih atas kepuliannya, semoga Allah memberikan balasan pahala,” papar Desi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Be informed!

berlangganan info DD