Kelompok Budidaya Ikan Nila Jaya Berkah Laksanakan Panen Perdana

Kelompok Budidaya Ikan Nila Jaya Berkah Laksanakan Panen Perdana
Kelompok Budidaya Ikan Nila Jaya Berkah  Laksanakan Panen Perdana

Padang-  Dompet Dhuafa Singgalang laksanakan panen ikan nila bersama kelompok binaan Kampuang Nila Jaya Berkah berlokasi di kolam ikan milik anggota kelompok di Lambung Bukit, Kec. Pauh, Kota Padang.

Sejak bergulirnya program ekonomi budidaya ikan nila ini, mulai Rabu (08/07) hingga Sabtu (19/07) kemarin sudah dilaksanakan proses panen ikan nila dibeberapa kolam milik anggota kelompok. Program budidaya ikan nila ini merupakan buah kerjasama Dompet Dhuafa Singgalang bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (KKP) Kota Padang beberapa bulan lalu.

Di lokasi panen ikan nila, Nelsa Aulia Putri selaku pendamping program mengatakan panen ikan nila ini sudah dilaksanakan di tiga kolam milik anggota kelompok. “Sejak Rabu (08/07) kita sudah laksanakan proses panen ikan nila bersama anggota kelompok, Alhamdulillah hingga Sabtu (19/07) total panen mencapai 560 kg dari tiga kolam yang sudah kita panen,” papar Ica sapaan akrab Nelsa.

“Juli ini target harus selesai proses panen ikan nilanya, dan Ikan yang masih tersisa pasca panen di kolam, akan kita lanjutkan untuk proses panen berikutnya. Sejauh ini ada sekitar 2000-4000 bibit ikan lagi yang masih tesisa di kolam anggota kelompok,” tutur Ica.

Terkait permintaan pasar, saat ini sudah ada mitra yang memesan ikan nila hasil budidaya anggota kelompok. Masing-masing mitra ada membeli 40-60 kg ikan nila setiap kali panen. “Setiap kali panen kita bisa menjual 60-100 kg ke masing-masing mitra, rata-rata permintaan ikan nila ini untuk kebutuhan lauk pauk warung makan di kota Padang,” kata Ica.

Untuk jumlah anggota kelompok, yang sebelumnya 5 orang, saat ini total sudah 10 orang. “Semoga program budidaya nila ini dapat membantu perekonomian bagi anggota kelompok,” pungkas Ica.

Salah seorang anggota kelompok budidaya ikan nila Rusni mengatakan kehadiran program budidaya ikan nila ini dapat membantu perekonomiannya. “Alhamdulillah keuntungan penjualan ikan ini dapat saya gunakan untuk membeli kebutuhan harian saya dengan keluarga, apalagi di masa pandemi ini,” kata Rusni. (Nas).

TINGGALKAN KOMENTAR

Be informed!

berlangganan info DD