Dompet Dhuafa Kembali Gulirkan Program THK 1441 H dan Sasar Daerah Terpencil di Sumbar

Dompet Dhuafa Kembali Gulirkan Program THK 1441 H dan Sasar Daerah Terpencil di Sumbar
Dompet Dhuafa Kembali Gulirkan Program THK 1441 H dan Sasar Daerah Terpencil di Sumbar

Padang– Program Tebar Hewan Kurban (THK) kembali digulirkan oleh Dompet Dhuafa, baik di cabang dalam maupun luar negeri. Termasuk di Dompet Dhuafa Singgalang (DDS) di tahun 1441 H.

Dalam momentum Idul Adha DDS ikut berperan aktif dalam hal menyediakan serta mendistribusikan hewan kurban, yang di amanahkan donatur ke DD Singgalang untuk bisa disalurkan ke berbagai daerah pelosok di Sumatera Barat, yang sangat jarang mencicipi daging kurban. Salah satunya untuk masyarakat dibeberapa daerah di Kepulauan Mentawai, Sumbar.

Ratri Devi Arimbi selaku Ketua THK 1441 H DD Singgalang mengatakan, sejak Jumat (24/07) hingga Senin (27/07) sudah mulai disalurkan sapi kurban dari donatur Yayasan UPZ FK Unand untuk daerah Mentawai. Ini merupakan bagian kolaborasi DD Singgalang bersama Yayasan FK Unand.

“Target ada 13 ekor sapi kurban untuk disalurkan ke Mentawai, sudah ada 11 ekor sapi kurban telah disalurkan ke daerah Mentawai melalui Dermaga Pelabuhan Teluk Kabung, Padang. Sapi kurban ini akan disalurkan untuk masyarakat Siberut, Sikakap, Sikabaluan, Sipora. Dan daerah Sipora jumlah sapi kurbannya banyak dari daerah lain di Mentawai, karena jumlah KK lebih banyak,” papar Rara.

Untuk ketersediaan sapir kurban sendiri, tahun ini ada sekitar 20 ekor sapi ternak yang sudah stanby di program pemberdayaan ekonomi Kampung Ternak (Kater) Dompet Dhuafa Singgalang. “Alhamdulillah sapi kurban di program Kater sudah di order oleh pekurban, ketersediaan stok sapi kurban tidak tercukupi seluruhnya untuk orderan pekurban dari program Kater. Kami berinisiatif untuk memesan hewan kurban dari peternak lokal lainnya di Sumbar. Ini juga bertujuan untuk mensejahterakan peternak lokal selain di Kater,” tutur Rara.

Kemudian Rara menerangkan donatur kurban tahun ini dari dari layanan counter both atau retail akan tetapi karena efek domino pandemi, ada penurunan jumlah pekurban via counter both.”Disamping retail, kita juga ada kerjasama dengan corporate, Alhamdulillah Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Sumatera Barat tahun ini mempercayai kurbannya ke DD Singgalang untuk disalurkan ke 10 titik di Sumbar,” Papar Rara.

Target distribusi hewan kurban tahun ini ada di 14 titik di Sumatera Barat, untuk 540 orang pekurban. “Namun saat ini jika dikonversikan target baru mencapai 315 pekurban, dengan waktu yang masih ada ini kita tetap optimis untuk terus mengejar target awal,” pungkas Rara.

Rara juga menginfokan untuk layanan peneriman kurban masih dibuka, 02 Agustus 2020, konfirmasi pukul 22.00 WIB. (Nas).

TINGGALKAN KOMENTAR

Be informed!

berlangganan info DD