fbpx

DD Singgalang Hadirkan Program Kampuang Silek di Desa Kopi Solok Sirukam  

DD Singgalang Hadirkan Program Kampuang Silek di Desa Kopi Solok Sirukam  
DD Singgalang Hadirkan Program Kampuang Silek di  Desa Kopi Solok Sirukam   

Padang, DD Singgalang– Setelah program Surau dan Silek pada Program Rumah Tahfidz Al-Madinah DD Singgalang di Lubuk Minturun Kota Padang. Alhamdulillah, DD Singgalang kembali meluncurkan program Kampuang Silek di Nagari Sirukam. Program ini bertujuan untuk melestarikan seni & budaya Desa Wisata Kopi Solok Sirukam.

Nagari Sirukam Kabupaten Solok selain memiliki potensi sebagai desa wisata kopi juga memiliki tradisi seni dan budaya yang perlu dilestrikan. Salah satunya kesenian bela diri, masyarakat disana menyebutnya “silek tuo” atau “silek kampuang.”

Seiring berkembangnya tatanan kehidupan masyarakat, khususnya tumbuh kembangnya anak muda yang dulunya di kenal dengan latar kehidupan anak muda dengan “surau & silek” melekat pada anak muda tempo dulu, kini hal itu mulai tergerus perkembangan zaman.

Kini budaya itu hampir diseluruh alam Minangkabau sudah jarang kita temukan. Maka untuk terus melestarikan kesenian dan kebudayaan tersebut, DD singgalang bersama masyarakat setempat berinisiatif meluncurkan program Kampuang Silek ini.

Rumah Kopi Desa Wisata Kopi Solok Sirukam, memberikan wadah untuk menfasilitasi anak-anak muda mendirikan perguruan atau disebut juga “sasaran silek” untuk puluhan anak anak muda. Kegiatan perdana diadakan pada malam Minggu, (06/11/2021).

Dengan nama sasaran “Alang Gea” menganut aliran langkah tujuah. Ke 16 anak muda ini mengikuti serangkaian pelatihan dengan guru yang didatangkan merupakan asli putera daerah Nagari Sirukam.

Pelatihan ini memiliki tujuan “pangka bajalan” artinya kita harus punya bekal hidup.

Memiliki prinsip yang kuat tidak mudah goyah, kata Khoirul salah seorang Guru Silek. Karena dalam setiap gerakan silek syarat dengan nilai-nilai agama yang di tanamkan ditambah lagi anak anak muda yang mengikuti sasaran ini sepulang mereka mengaji di surau.

“Pelatihan ini kita adakan satu kali dalam seminggu, pada malam minggu bertempat di Rumah Kopi Solok Sirukam, lokasi pengolahan kopi yang merupakan program binaan dari Dompet Dhuafa Singgalang,” kata Rahman PIC Program Desa Kopi. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Be informed!

berlangganan info DD