DD Singgalang adakan Kajian Keislaman bersama Kelompok Budidaya Ikan Nila

DD Singgalang adakan Kajian Keislaman bersama Kelompok Budidaya Ikan Nila
DD Singgalang adakan Kajian Keislaman bersama  Kelompok Budidaya Ikan Nila

Padang- Dompet Dhuafa Singgalang melalui program pemberdayaan ekonomi petani ikan nila menyelenggarakan kajian keislaman pada hari Ahad (19/07) di rumah Bu Reni salah seorang penerima manfaat program ekonomi Kampuang Nila.

Eki Riwanto Penanggung Jawab Program Ekonomi mengatakan kajian keislaman ini bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan para petani ikan nila, yang nantinya bisa di emplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. “Terkhusus dalam usaha budidaya ikan nila, hasilnya tentu terkadang mendapati untuk dan terkadang terkadang ada ruginya, dan berakibat anggota kelompok merasa kecewa, maka dari itu kajian ini diharapkan petani terus yakin dan optimis dalam menjalankan usaha budidaya ikan nila,” papar Eki.

“Program pemberdayaan ekonomi tidak hanya sebatas peningkatan dari sisi ekonomi, tetapi bagaimana masyarakat bisa bekerja dengan asas-asas keislaman. Misalnya saja menerapkan prilaku jujur, amanah, optimis, dan lainnya,” tutur Eki.

Untuk Da’i yang mengisi kajian minggu ini adalah salah seorang seorang Da’i Cordova Dompet Dhuafa, yaitu Ustadz M. Abdul Hafid. “Alhamdulillah beliau sangat berpengalaman dalam melakukan dakwah di masyarakat, bahkan beliau pernah melakukan kegiatan dakwah di Filipina dua tahun yang lalu,” kata Eki.

Kegiatan ini dilaksanakan rutin satu kali dalam sebulan. “Peningkatan keimanan petani terus diperbaharui, sehingga dalam menjalani kehidupan sehari-hari selalu bersandarkan kepada syariah Islam. Kita harapkan dengan adanya progam kajian ini dapat menambah literasi pengetahuan para petani tentang Islam,” pungkas Eki.

Ustadz Abdul Hafiz dalam paparan ceramahnya mengangkatkan tema mengenai sabar, sesuai surah Al-‘Asri ayat ke 3 yang berbunyi wa tawāṣau bil-ḥaqqi wa tawāṣau biṣ-ṣabr. “Harapannya para petani dapat bersabar dalam menjalani kehidupan, apalagi dengan adanya wabah covid-19 ini tentunya akan banyak kesulitan-kesulitan yang dihadapi,” tutur Ustadz Hafiz. (Redaksi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Be informed!

berlangganan info DD